Cara Pasang Plafon GRC Terunik

12:38 AM
Cara Pasang Plafon GRC - Cara Pasang Plafon GRC yang Unik. Plafon atau yang lebih diketahui dengan istilah langit-langit ialah pembatas antara atap dengan ruang yang ada di bawahnya. Kecuali diterapkan sebagai penutup komponen atas ruangan supaya menonjol rapi, plafon juga berkhasiat untuk estetika interior bangunan. Oleh sebab itu, pemilihan material plafon juga perlu dilihat.

Tahukah kau? Salah satu material yang dapat menjadi bahan plafon yaitu GRC (Glassfiber Reinforced Cement). Pantas dengan namanya, plafon GRC terbuat dari campuran serat dan semen.

Sekiranya diamati, plafon GRC mempunyai bahan dasar yang mirip dengan beton, tapi lebih ringan. Jikalau beton mempunyai tulang baja di dalamnya, plafon GRC memakai serat glassfiber sebagai penguatnya. Kadang ada yang menyamakan plafon GRC dengan plafon gypsum, melainkan sebetulnya keduanya berbeda.

Nah, kau pasti penasaran kan apa saja kegunaan plafon GRC? Sebelumnya kita kenali lebih dahulu yuk sifat-sifat material dan kelebihan plafon GRC berikut ini.

Seperti yang telah kau baca di atas, plafon GRC cenderung lebih bendung air. Kau dapat memanfaatkan plafon GRC untuk dipasang sebagai langit-langit ruangan yang berair atau berisiko mempunyai kelembapan yang tinggi. Semisal saja kau dapat mengaplikasikan plafon GRC untuk langit-langit dapur yang tiap harinya mungkin akan terkena uap panas.

Kecuali itu, ruangan yang benar-benar berair seperti kamar mandi juga dapat kau pilihkan plafon GRC sebagai material atapnya. Selasar atau ruang semi-outdoor lainnya yang mungkin terkena cipratan air hujan.

Cara Pasang Plafon GRC

Cara Pasang Plafon GRC - Uki GO
Cara Pasang Plafon GRC
Nggak seperti plafon kayu atau tripleks yang lebih kaku dan cuma dapat dimanfaatkan pada desain plafon tertentu saja, plafon GRC gampang disusun sebab sifat materialnya yang luwes dan dapat mencontoh wujud-format melengkung tertentu. Sebab adanya campuran glassfiber, plafon GRC jadi tak getas. Ini mewujudkan kau dapat lebih leluasa membikin wujud plafon GRC yang cocok dengan desain yang kau inginkan.

Kelebihan dari Plafon GRC, merupakan berikut ini :

- Plafon GRC Board Gampang Dipasang
- Plafon GRC Lebih Bendung Lama
- Harga Plafon GRC Cenderung Murah
- Plafon GRC Bendung Air dan Api
- Plafon GRC Aman Buat Kesehatan
- Plafon GRC untuk Menyusun Kubah

Disamping sebagian point diatas, keunggulan lain yang dimiliki oleh plafon GRC yakni metode pemasangan plafon GRC yang terbilang gampang dan cukup simpel. Bila Anda beratensi untuk mengaplikasikan plafon GRC di rumah, berikut ini yakni penjelasan dari tahap-tahap cara kerja metode memasang plafon GRC yang bagus dan benar, simak!

1. Memetakan luasan plafon

Untuk memasang plafon pada sebuah ruangan, langkah pertama yang perlu dikerjakan yakni mengevaluasi dimensi ruangan hal yang demikian lebih-lebih dulu. Berapakah panjang dan lebar ruangan hal yang demikian? Progres pengevaluasian ini patut dijalankan secara teliti agar nantinya tak terjadi kekeliruan-kekeliruan yang tak diharapkan yang bisa merugikan Anda.

2. Memilih material GRC

Pilihlah material GRC yang Anda inginkan secukupnya saja. Kecuali itu, Anda juga perlu merencanakan plafon rumah supaya desainnya pantas dengan konsep hunian yang dipilih. Apakah contoh rumah scandinavan, berjenis-jenis desain rumah minimalis dan sebagainya. Kecuali itu warna plafon juga patut disesuaikan dengan warna cat rumah yang menawan dan teduh.

3. Memasang rangka plafon

Sesudah dimensi dan desain plafon telah ditentukan, karenanya langkah berikutnya yakni membikin rangka plafon. Anda bisa memakai berabagi macam kayu untuk rangka plafon, atau juga bisa menerapkan rangka lain yang terbuat drai material metal hollow square. Jikalau Anda menerapkan material rangka kayu, pastikan kayu hal yang demikian termasuk ke dalam ragam kayu yang tak dimakan rayap.

4. Memaku plafon

Saat rangka kayu telah selesai dipasang, langkat berikutnya yang bisa Anda lakukan yakni memasang plafon hal yang demikian. Pakailah alat tolong berupa tangga lipat untuk mengerapkan planel plafon pada rangka kayu. Apabila Anda mengaplikasikan ragam rangka kayu, karenanya Anda perlu menerapkan paku khusus yang mempunyai diameter 2 mm dengan panjang sebesar 25 mm serta mempunyai kepala yang lebar dan juga digalnavis.

5. Amati komponen sambungan

Biasanya komponen sambungan antara plafon GRC satu dengan yang lainnya bisa dengan gampang mengalami keretakan. Sebagai opsi, Anda bisa menerapkan cara sambungan square, dimana pada tiap nat atau spot pertemuan panel akan diaplikasikan kompon versaboard.

6. Kerja tahap finishing

Bila seluruh langkah hal yang demikian telah selesai dikerjakan, karenanya selesailah pengerjaan pembuatan plafon GRC. Untuk pelaksanaan alhasil, Anda bisa mengecat kembali permukaan plafon dengan warna yang diharapkan. Jangan lupa dikala profesi telah selesai, langsung bersihkan kembali sampah hasil profesi dengan memakai alat kebersihan rumah berupa sapu, kain pel dan sebagainya.
Previous
Next Post »
0 Komentar