Cara Pasang Plafon Gypsum Tercepat

10:02 AM
Cara Pasang Plafon Gypsum - Plafon gypsum sebenarnya bukan lagi hal baru di dunia pertukangan dan interior rumah. Berbeda dengan langit-langit zaman dulu yang terkesan kaku dan lazimnya masih menampilkan nat jarak antar kepingan triplek atau eternit). Jadi pemasangannya wajib rapi secara khusus pada komponen nat-nya. Plafon jenis ini lazimnya terbuat dari rangka kayu. maklum zaman itu jumlah kayu masih banyak dan harganya juga masih tergolong murah.

Kalau dibandingkan zaman kini sekitar 2 dasawarsa terakhir telah digunakan substitusi rangka plafon dengan besi hollow galvanum yang diketahui ringan melainkan cukup kuat untuk kerangka plafon. Salah satu kelebihannya lagi yaitu lebih hemat biaya dan mempermudah cara pelaksanaannya dibanding kerangka kayu. Sehingga masyarakat kota hingga tempat sudah berminat untuk menggunakan langit-langit macam ini sebagai penghias interior-nya.

Simak juga : Ukuran Triplek Standar Untuk Plafon dan Cor

Pemakaian kerangka hollow benar-benar sungguh-sungguh fleksibel, mudah dibentuk hanya dengan menekuk atau membuat potongan-potongan dengan gunting. Kerangka ini ditutup dengan papan selebar 120 cm X 240 cm, berbahan serbuk kapur dan dilapisi kertas tebal nan kuat. Cukup banyak merek dan ragam papan ini dengan kualitas berbeda dan tingkat daya sesudah dipasang. Menurut berita dari tukang pasangnya sendiri papan gypsum dengan berat yang ringan harganya akan lebih mahal dibandingkan papan yang berat.

Cara Pasang Plafon Gypsum

Cara Pasang Plafon Gypsum - Uki GO
Cara Pasang Plafon Gypsum

Sesudah teori dan praktek, pemasangan plafon gypsum terkesan simple dan gampang, khususnya bagi tukang yang biasa melakukannya. Bagaimana teknik memasang plafon yang umum dilaksanakan oleh tukang plafon profesional? Berikut ini penulis jelaskan secara ringkas teknik atau sistem cara pasang plafon gypsum mulai dari persiapan, pemasangan kerangka plafon, penutup, compound, pemasangan lis sampai pengecatan disertai model gambaran gambar yang telah jadi.
  • Proses Pemasangan Papan Gypsum
1. Pakai selesai memasang rangka plafon, pekerjaan berikutnya adalah memasang papan gypsum. Untuk plafon polos, usahakan memasang plafon dari pinggir, bagian pinggir papan semestinya ideal berada di tengah hollow sehingga papan gypsum selanjutnya juga dapat dipasang berdampingan. Setelah bor untuk mengencangkan sekrup. Usahakan agar kepala sekrup tidak tenggelam ke dalam kertas papan gypsum.

2. Pakai semua papan gypsum selesai dipasang, selanjutnya menutup lubang dan nat dengan cornice. Kalau ini disebut compound.

3. Pemasangan lis gypsum diawali dari komponen sudut ruangan dengan membikin lis menjadi sudut 45 derajat sehingga akan bersua dengan sudut lis di depannya menjadi 90 derajat.

4. Penghalusan dan pemeriksaan segala bagian plafon.
  • Proses Akhir Pengecatan
Warna plafon seragam, usahakan mengecat dari lis terutamanya dulu mengaplikasikan kuas. Kemudian dilanjutkan mengecat papan gypsum menggunakan rol. Ulang 2-3 kali hingga warna plafon kelihatan rata dan terang.

Demikian metode paling gampang dipahami dalam hal cara pasang plafon gypsum. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar